Header Ads

Makalah Sistem Keamanan RouterBoard 951 N


BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
         Perkembangan dunia informasi dan teknologi sangat cepat. Termasuk dengan teknologi yang baru-baru ini dimunculkan yaitu mikrotik. Perkembangan ilmu komunikasi dan teknologi informasi sangat pesat, hal ini ditandai dengan berkembangnya teknologi internet yang memudahkan manusia dalam meringankan pekerjaan dan mempermudah dalam berkomunikasi dan saling tukar menukar informasi.
         Kebutuhan akan akses internet dewasa ini sangat tinggi sekali. Baik untuk
mencari informasi , artikel, pengetahuan terbaru atau bahkan hanya untuk chating. Pembagian nomor untuk internet atau biasa disebut dalam dunia networking adalah IP Address sudah sangat menipis atau sudah hampir habis. Satu IP Address perlu sekali berhubungan dengan IP address lainnya yang berbeda class atau subnet, maka diperlukanlah suatu proses system untuk menghubungkan IP Address itu, yaitu routing. Routing akan membuat sebuah rantai jaringan saling terhubung dan bisa berkomunikasi dengan baik, dan informasi yang tersedia di satu IP Address akan didapatkan di IP address yang lainnya.
         Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satunya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Mikrotik Router Os sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.
         SMK Negeri 1 Bungaraya terletak dijalan Sultan Syarief Qosim, Desa Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak Propinsi Riau, SMK Negeri 1 Bungaraya memiliki visi dan misi yaitu “MEWUJUDKAN SMK NEGERI 1 BUNGARAYA SEBAGAI PUSAT AGRIBISNIS DAN TEKNOLOGI SERTA MENGHASILKAN LULUSAN PROFESIONAL YANG BERKARAKTER 2020”. SMK Negeri 1 Bungaraya memiliki 6 Kompetensi Keahlian salah satunya Teknik Komputer Dan jaringan dengan status Akreditasi A.
         Dalam proses pembelajaran untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang salah satunya kegiatannya adalah praktek mikrotik. Selain itu peserta didik mengenal tentang mikrotik dari sejarah, cara menjalankan, kelebihan dan kekurangan mikrotik serta melatih peserta didik untuk berwirausaha. Karena berwirausaha merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar untuk mencari dan menggunakan peluang menuju sukses dalam menciptakan nilai tambah dipasar melalui proses pengelolaan sumber daya yang ada.
         Sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan jaringan internet di lingkungan sekolah serta memanfaatkan secara sarana dan prasarana yang ada. Untuk kegiatan praktek mikrotik kompetensi keahlian Teknik Komputer dan jaringan adalah cara menggunakan alat dan komfigurasi untuk system keamanan. Beredasarkan paparan diatas penulis menyusun makalah denga judul “KONFIGURASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 BUNGARAYA MENGGUNAKAN ROUTER BOARD 951 2n”

1.2        Tujuan Penulisan
      Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini antara lain :
1.   Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang mikrotik.
2.     Mempermudah memahami dan menggunakan Mikrotik.
3.  Tujuan Penelitian Bagian awal ini akan mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat dan mengenal lebih dalam tentang mikrotik. Lebih khusus lagi, mengeksplorasi komponen-komponen fundamental yang perlu sekali diketahui dan dipahami dengan baik. Diharapkan uraian ini nantinya dapat membantu memudahkan kita ketika ingin mempelajari mikrotik.
4.    Tujuan dengan  mengenal  mikrotik di harapakan agar pembaca mengerti bahwa Router Mikrotik adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Router Mikrotik sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1    Pengertian Mikrotik
         Mikrotik adalah adalah sistem operasi komputer dan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router,mikrotik dibedakan menjadi dua yaitu operation sistem mikrotik bisa dikenakan mikrotik os dan mikrotik board, untuk mikrotik board tidak memerlukan komputer dalam menjalankannya cukup menggunakan board yang sudah include dengan mikrotik os.  Mikroitk os mencakup fitur yang dibuat khsus untuk ip network dan jaringan wireless.
         Sistem operasi mikrotik, adalah sistem operasi Linux base yang digunakan sebagai network router. dibuat untuk memberikan kemudahan dan kebebasan  bagi penggunanya. Pengaturan Administrasinya dapat dilakukan menggunakan Windows Application (WinBox). Komputer  yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, misalnya hanya sebagai gateway. Kecuali mikrotik diguankan untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) sebaiknya menggunakan spesifikasi yang cukup memadai .
Fitur-fitur mikrotik  diantaranya : Firewall & Nat, Hotspot, Routing, DNS server, Point to Point Tunneling Protocol, Hotspot, DHCP server,dan masih banyak lagi.

2.2    Sejarah Mikrotik
         Dalam dunia router, mesin yang berfungsi mengarahkan alamat di Internet, Cisco merupakan nama yang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi di dunia lain, nama Mikrotik, yang berbentuk software, lumayan dikenal sebagai penyedia solusi murah untuk fungsi router, bahkan kita dapat membuat router sendiri dari komputer rumahan.
         Untuk negara berkembang, solusi Mikrotik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan Internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini sejenis NAT, dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan software Mikrotik merupakan solusi terbaik. Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia, pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah orang Amerika yang berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanik di sekitar tahun 1995.
         Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molcova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia. Ketika saya menanyakan berapa jumlah pelanggan yang dilayaninya saat ini, Arnis menyebut antara 10 sampai 20 pelanggan saja, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Ini agak kontradiksi dengan informasi yang ada di web Mikrotik, bahwa mereka mempunyai 600 titik (pelanggan) wireless dan terbesar di dunia. Padahal dengan wireless di Jogja dan Bandung saja, kemungkinan besar mereka sudah kalah bersaing.
         Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Latvia hanya merupakan “tempat eksperimen” John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 – 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.
         Ketika ditanya siapa saja pesaing Mikrotik, Arnis tersenyum dan enggan mengatakannya. Sewaktu saya simpulkan tidak ada pesaing, Arnis dengan sedikit tertawa menyebut satu nama yang memang sudah lumayan terkenal sebagai produsen perangkat keras khusus untuk teknologi W-LAN, yaitu Soekris dari Amerika. Tujuan utama mereka berdua adalah membangun software untuk routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang, sehingga akhirnya mereka membuat berbagai macam perangkat keras yang berhubungan dengan software yang mereka kembangkan.
         Semangat Mikrotik ini agak berbeda dari kebanyakan perusahaan sejenis di Amerika, karena mereka berkonsentrasi di pengembangan software lalu mencari solusi di hardware-nya dengan mengajak pihak ketiga untuk berkolaborasi. Dan kita dapat melihat ragam perangkat yang mereka tawarkan menjadi semakin banyak, mulai dari perangkat yang bekerja di frekwensi 2,4GHz dan 5,8GHz sampai ke interface dan antena.
Keahlian Mikrotik sebetulnya di perangkat lunak routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN dengan antena omni yang sangat tidak dianjurkan pemakaiannya di dunia W-LAN, karena sangat sensitif terhadap gangguan dan interferensi. Walaupun punya tujuan yang sangat jelas, yaitu mendistribusikan sinyal ke segala arah sehingga merupakan solusi murah.
Kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk tahun 2001 ke Jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN. Kebetulan sekali, Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang populasi pemakaian W-LAN-nya terbesar kalau dibandingkan luas daerahnya.
         Keberhasilan Mikrotik me-routing dunia merupakan satu contoh, bahwa kita semua mampu membantu calon pemakai Internet untuk masuk ke dunia maya, terutama membantu membangun infrastrukturnya.

2.3    Jenis Mikrotik
1.      MikroTik RouterOS
      Adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD. File image MikroTik RouterOS dapat diunduh dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, harus membeli lisensiKey dengan catatan satu lisensi key hanya untuk satu harddisk.
      MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
2.      MikroTik RoutherBoard
      Merupakan MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam harga router board MikroTik. Contoh MikroTik dalam bentuk perangkat keras adalah RouterBoard 433 2 Access Point Indoor.
      RouterBoard adalah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.
Ada beberapa seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless menggunakan routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi. karena semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.
Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya.

2.4        Hardware Requirement Program Mikrotik
      Adapun  persyaratan  minimal  komputer  yang  dibutuhkan untuk Mikrotik adalah sebagai berikut :
a.       Menggunakan processor  minimal 100 MHz  atau  lebih seperti Intel Pentium, Cyrix 6X86, AMD K5 atau prosesor  yang  lebih baru dari Intel IA-32 (i386). Ingat penggunaan lebih dari satu prosesor  belum diperbolehkan.
b.      Memori (RAM) minimal 64 Mb dan maksimum 1 Gb, hal ini berpengaruh pada besar memory, yang berpengaruh terhadap kemampuan  kecepatan dari router dan kapasitas Cache Proxy.
c.       Media penyimpanan (Hard Drive)  menggunakan  sistem  standar Kontroler IDE dan ATA. Penggunaan  SATA, SCSI  dan  USB  tidak didukung. Pastikan sisa media penyimpanan  kita adalah minimal sebesar 64 Mb. Sangat  disarankan  untuk mengalokasikan space penyimpanan yang besar, karena akan berpengaruh  terhadap paket yang akan dipilih dan nantinya akan membantu  sebagai cache  pada  saat menggunakan  fungsi  web proxy serta diperlukan jika Mikrotik  kita fungsikan  sebagai FTP  Server.
2.5        Kelebihan Dan Kelemahan Mikrotik
a.      Kelebihan :
Mikrotik memiliki sebuah Operating System bila tidak salah disebut dengan RouterOs . Mikrotik yang dibangun dengan Core LINUX, yang menyebabkan produk Router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya seperti Cisco
Dari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang merupakan tempat setting administratornya.
RouterOS Mikrotik juga dapat mendeteksi berbagai macam ethernet card (LAN CARD) dari berbagai vendor yang telah ada.
b.      Kekurangan :
Mikrotik mengeluarkan sertifikasi, namun sertifikasi tersebut masih kurang terkenal dibandingkan dengan vendor router yang lain seperti cisco yang sudah diakui secara international. Mungkin kurang bagus untuk menangani jaringan sekala yang besar karena dukungan hardwarenya yang kurang hebat seperti punya Cisco.







BAB III
PEMBAHASAN
3.1       Konfigurasi router RB951-2n
a.    Mengatur DHCP Client
Pilih menu IP kemudian pilih DHCP Client, dan akan muncul seperti di bawah ini.

Pilih tanda tambah  kemudian pilih interface yang akan digunakan sebagai DHCP Client (dalam          hal ini interface tersebut ialah interface yang terhubung dengan ISP), pada DHCP Options pada kolom pertama pilih opsi hostname  dan pada kolom kedua pilih opsi clientid. Setelah itu  Apply kemudian pilih OK.

Setelah DHCP Client terbuat maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan statusnya bound.t

b.   Mengisi IP Address
Setelah masuk ke dalam winbox pilih menu IP kemudian pilih Address.

Pilih tanda tambah selanjutnya isikan IP Address, Interfaces=ether2 address=192.168.10.1/24 dan pilih Apply kemudian pilih OK, kemudian pilih tanda tambah Interfaces=wlan1 address=192.168.20.1/24 pilih  Apply kemudian pilih OK.


c.    Mengatur NAT
Pilih menu IP kemudian pilih  Firewall, arahkan pada kolom NAT kemudian pilih tanda tambah  pada kolom General, Chain=scrnat, Out Interface=Ether 1 pada menu dan kolom Action isikan Masquerade.


d.   Mengatur DNS
Pilih menu ip kemudian pilih DNS, selanjutnya isi pada kolom server =8.8.8.8 dan 8.8.4.4, centang pada Allow Remote Requests kemudian pilih apply dan OK.


e.    Mengatur IP Laptop/pc
Klik kanan pada ikon LAN, kemudian pilih open network and sharing center, change adapter settings dan akan muncul tampilan seperti berikut.

Kemudian pada ethernet klik kanan pilih properties.

Pilih Internet Protocol Version Tcp/Ip 4 dan pilih properties.

Centang use the following Ip Address, pada kolom Ip Address=192.168.10.2, Subnet Mask=255.255.255.0, Default Gateway=192.168.10.1, centang use the following DNS server address pada kolom Preferred DNS Server=8.8.8.8, Alternate DNS Server=8.8.4.4 pilih Ok.


f.     Membatasi Bandwidth LAN
Sebelum jaringan LAN di limit, kecepatan rx/tx (download/upload) seperti gambar berikut

Untuk membatasi bandwidth LAN, pilih menu bridge kemudian pada tab bridge pilih tanda + , kemudian pilih Apply dan Ok

Selanjutnya pada tab Ports, pilih tanda +, pada kolom interface pilih ether2, kemudian pilih Apply dan Ok.

 Pilih menu Queues pada tab simple Queues pilih tanda +, kemudian pada tab general isi kolom name = batas limit LAN, kolom target isikan IP yang ada di Komputer/laptop anda. Target Upload pada kolom Max Limit = 256k, pada Target Upload Max Limit = 256k, kemudian pilih Apply dan OK.

Tes kecepatan dengan menggunakan Tes Speed.

g.    Setting Lan Login
Pilih menu IP lalu pilih hotspot, pada tab servers tekan hotspot setup,  kemudian pilih kolom hotspot interface = ether2, pilih next.

Pada Local Address Of Network isikan IP yang ada diether2 dan biarkan Masquerade Network tercentang, kemudian pilih next.
Pada Address Pool Of Network biarkan tetap, kemudian pilih next.

Pada Select Certificate biarkan tetap none, pilih next. Kemudian pada IP Address of SMTP  Server biarkan tetap 0.0.0.0, pilih next. Selanjutnya pada DNS Server isi pada kolom satu dengan Google Public DNS 8.8.8.8 dan kolOm dua 8.8.4.4

            DNS Name isikan www.smkn1bungaraya.sch.id, kemudian pilih next

Pada kolom selanjutnya isikan name of local hotspot user=admin dan password=12345, pilih next dan Ok.
Uji jaringan LAN dengan membuka browser coba internet dengan membuka situs www.google.com.

Tampilan diatas menunjukkan jaringan LAN  tidak terakses ke internet, kemudian agar jaringan LAN terkoneksi internet login masuk ke www.smkn1bungaraya.sch.id  

Untuk login gunakan user = admin dan password = 12345.

Uji koneksi internet dengan membuka website youtube.com.

h.    Membuat Hotspot Pada Mikrotik RB951-2n
Pilih wireless dan pilih centang untuk mengaktifkan wlan1, kemudian double klik di wlan1 untuk mengatur hotspot wlan1,  kemudian buat pada tab wireless, pada kolom mode pilih ap bridge, SSID =ANDRI@HOTSPOT pilih Apply dan Ok.

i.      Mensetting DHCP Poll untuk Wlan1
Pilih menu IP setelah itu pilih Hotspot kemudian pilih  Hotspot Setup isikan kolom Hotspot interface dengan wlan1, pilih next.

Pada local address of network pilih next.

Pada kolom Addreess Pool Of Network  isikan 192.168.20.2-192.168.20.100 kemudian pilih next untuk melanjutkan.
Pada Select certificate biarkan tetap none. Kemudian pilih next.

Pada IP Address of SMTP server biarkan tetap 0.0.0.0, kemudian pilih next.

Pada DNS server isikan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian  pilih next untuk melanjutkan.

Pada kolom DNS Name isikan www.smkn1bungaraya.sch.id, kemudian pilih next.

Pada kolom selanjutnya isikan name of local hotspot user=admin dan password=12345, pilih next.

Pilih  OK untuk menyelesaikan hotspot setup.

i.         Membuat User Profile
Pilih menu IP kemudian pilih hotspot setelah itu pilih user profile. Pada user profile pilih tanda +,  isikan  name=guru dan isikan Rate limit (rx/tx) = 256k/256k, Pilih apply kemudian pilih OK.

Masih berada di menu user profile pilih tanda tambah, isikan name=siswa dan isikan rate limit (rx/tx)=256k/256k, pilih apply kemudian pilih OK.

j.   Membuat User
Masih berada dimenu Hotspot pilih users pilih tanda +, isikan kolom name=adi, password=1, profile=guru.

Untuk membuat user siswa lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya.

k.   Memblokir Situs Website Youtube
Pilih menu IP pilih Firewall, kemudian pilih Layer 7 protocol  pilih tanda +, isi  pada kolom Name= Youtube.com pada kolom Regexp=( ^.+(youtube.com).*$ )

Pilih Filter Rules pilih tanda +, pada tab General,  Chain=Forward  pada kolom protocol pilih 6(tcp). Kemudian pada tab Advance pilih youtube.com pada kolom layer7 protocol. Dan pada tab Action, pilih drop pilih  Apply dan OK untuk menerapkan.

l.      Memasukkan Template/Tampilan Login
Pilih menu Files.

Buka windows Explorer cari nama template login hotspot yang sudah dibuat dipenyimpanan, kemudian drag and drop pada tampilan File List.

Pilih menu IP pilih hotspot kemudian pilih server profile, double klik pada hotspot kemudian pilih nama template pada kolom  HTML Directory pilih Apply dan OK untuk menerapkan.

Koneksikan  ke hotspot aftariat_khofan@hotspot

Hasil tampilan login yang dibuat.

Setelah login.

Buka browser kemudian uji internet hotspot menggunakan Speedtes.

m. Menguji Situs Website Yang Diblokir.
Buka browser ketik Youtube.com pada kolom pencarian, apabila konfigurasi berhasil akan muncul tampilan berikut.

n.    Konfigurasi Bypass website
Pilih menu ip pilih hotspot, kemudian pilih menu Host double klik pada mac address pada tab General tekan Make Binding. Ubah Address 192.168.20.2, To Address 192.168.20.99 dan Type menjadi bypassed. Setelah itu pilih Apply dan Ok.

Selanjutnya pilih tab Walled Garden IP lIst, pilih tanda +. Pada Action pilih opsi accept, pada Protokol ubah menjadi (tcp) dan Dst. Port  isi 20-21, pilih Applay dan Ok.

Pada tab Walled Garden pilih tanda +, pada Action pilih opsi allow, kemudian Dst. Host isi dengan bsnp-indonesia.org, pilih Apply dan OK.


Konekan Hotspot, jangan login terlebih dahulu ke hotspot, buka situs bsnp-indonesia.org pada kolom pencarian. Jika konfigurasi berhasil akan mucul tampilan website seperti berikut.








BAB IV
PENUTUP

4.1        Kesimpulan
Mikrotik RouterOS adalah sebuah mesin linux yang dirancang secara khusus untuk keperluan networking. Mikrotik ini begitu menarik saat ini, karena dengan fiturnya yang begitu lengkap serta kemudahan dalam penggunaanya dan juga harganya relatif lebih murah. Jika kita sudah memahami konsep jaringan dengan baik maka akan begitu mudah menerapkan di MikroTik dengan tool GUI-nya (winbox), sehingga kita tak perlu menghafal command untuk melakukan setting atau pengaturannya. Untuk negara berkembang, solusi MikroTik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini semacam NAT. MikroTik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan perangkat lunak. Mikrotik bisa disebut juga adalah salah satu distro linux yang berguna untuk jaringan komputer karena mikrotik sangat tangguh dalam masalah jaringan.
Kelebihan Mikrotik yaitu :
1. Tangguh dalam masalah jaringan.
2. Tools-tools-nya lebih banyak.
3. Sistem keamanan tingkat tinggi.
4.Tidak terlalu membutuhkan spesifikasi komputer yang besar

4.2        Saran
Penting untuk diperhatikan  adalah  saat memilih paket tambahan yaitu  harus sama versinya dengan Router OS  yang  kita gunakan. Jika tidak maka  paket  tambahan  tersebut  tidak dapat diinstalasi. Mikrotik yang baru saja didownload dan di install  adalah  versi  shareware  yang  hanya bisa dipergunakan sementara dan akan bisa dipergunakan  lebih lanjut bila melakukan registrasi terlebih dahulu. Sebaiknya paket Installasi ini di Install  semua dan  jika ada  paket yang  tidak  kita butuh dapat di remove  nantinya  setelah  Mikrotik kita konfigurasi  lebih lanjut.
Hal  lain  yang  perlu diperhatikan di dalam  proses  instalasi  Mikrotik adalah  memastikan PC memiliki CD/DVD ROM yang baik karena proses instalasi akan dilakukan melalui CD dan PC memiliki minimal dua ethernet card.
Jangan lupa gunakan semua peralatan komputer yang masih dapat berfungsi dengan baik serta tatalah  kerapihan  area kerja. Hal ini bertujuan untuk menunjang  kemudahan dan kenyamanan anda saat proses instalasi mikrotik.
Khusus bagi  Newbie agar  tidak binggung saat pertama kali melakukan  instalasi dalam menentukaninterface dari LAN Card yang kita pasang di PC Router  maka sebaiknya kita pasang 1 buah LAN Card saja terlebih dahulu. Dan selanjutnya kita  lakukan /Setup  dengan menentukan Interface LAN Card  tersebut sebagai  koneksi  ke jaringan Local / LAN kita


1 komentar

Pendidikan Aqidah untuk Anak mengatakan...

ini untuk berapa pertemuan pak?

Diberdayakan oleh Blogger.